Recent Articles

Blog Search

Mengenal Teknologi Quick Charge dari Qualcomm, Pengisian Baterai Lebih Cepat

Mengenal Teknologi Quick Charge dari Qualcomm, Pengisian Baterai Lebih Cepat

Perkembangan dunia teknologi gadget seperti smartphone memang terasa sangat pesat sekali, kecanggihan produk dengan sistem operasi Android yang menguasai pasar smartphone saat ini membuat kita berbondong-bondong untuk memiliki gadget dengan OS logo robot hijau tersebut.

Seperti yang kita ketahui, satu hal yang wajib kita lakukan ketika menggunakan smartphone adalah mengisi daya baterai. Tidak seperti handphone jaman dulu, kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan baterai, karena biasanya handphone dapat bertahan sangat lama. Dengan hadirnya smartphone, satu atau 2 hari tanpa pengisian daya sepertinya mustahil.

Agar pengguna dapat menggunakan smartphone tanpa harus menunggu lama dalam pengisian daya, Qualcomm memperkenalkan teknologi Quick Charge. Lalu, bagaimana teknologi ini bekerja?

Nah, kali ini DiKlikAja.com akan berbagi informasi buat Diklikers yang mungkin belum tahu tentang teknologi Quick Charge. Teknologi ini telah banyak digunakan pada smartphone yang memang mempunyai spesifikasi support dengan teknlogi Quick Charge ini.

Quick Charge juga bisa disebut dengan nama fast charging, turbo charging, adaptive fast charging, rapid charging, atau Qualcomm Quick Charge. Pada dasarnya semua charger yang ditawarkan sama, asalkan sudah mendapat lisensi resmi dari Qualcomm QC. Qualcomm sendiri telah merilis teknologi Quick Charge dari versi 1, versi 2, dan versi 3.

Qualcomm Quick Charge versi 1 (QC 1.0)

Qualcomm Quick Charge versi 1 (QC 1) mulai dikembangkan untuk produk smartphone sejak tahun 2013 hingga 2014. Beberapa diantaranya yang memiliki fitur QC 1 ini antaralain, yaitu Galaxy S5, Note 3, generasi pertama MotoX, Nexus 5 dan beberapa merek lain. Quick Charger 1.0 menggunakan voltase 5V, dan maksimum power hingga 10W.

 

Qualcomm Quick Charge versi 2 (QC 2.0)

Mulai tahun 2014 hingga sekarang Qualcomm Quick Charge 2.0 mulai ditanamkan ke berbagai smartphone yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 600, 200, 400, 410, 615, 800, 801, 805 dan 810 terbaru seperti Galaxy S6, S6 Edge, Note 4, Note Edge, LG G4, One M8, M9, Asus ZenFone 2, Moto X 2014, Nexus 6, Droid Turbo dan model lainnya.

Quick Charger 2.0 dapat mengisi baterai hingga 50% dalam waktu 30 menit. Quick Charger menggunakan voltase berbeda, dengan charger biasa mengunakan 5V, sedangkan Quick Charger 2.0 memiliki output voltase lebih tinggi dari 5V, 9V, 12V dan 20V dengan Current 2 Ampere.

 

Qualcomm Quick Charge versi 3 (QC 3.0)

Pada tahun 2015 yang lalu, Qualcomm memperkenalkan Quick Charge 3.0. Qualcomm mengklaim bahwa pengisian dayanya 4x lebih cepat dibandingkan proses pengisian daya biasa, dan Quick Charge 3.0 lebih cepat 2x dibandingkan Quick Charge 1.0. Serta 38% lebih cepat dibandingkan dengan Quick Charge 2.0. Dengan hasil seperti itu, maka kamu dapat menggunakan smartphone lebih cepat dan menunggu lebih sedikit.

Generasi terbaru Qualcomm Quick Charge 3.0 ini memungkinkan untuk mengisi baterai smartphone dari 0 sampai 80 persen hanya dalam waktu 35 menit. Dibandingkan dengan perangkat handphone konvensional tanpa Quick Charge yang mungkin membutuhkan pengisian baterai sekitar dua jam lebih.

Kemampuan lain yang dimiliki Qualcomm Quick Charge 3.0, yaitu fleksibilitas terhadap tegangan listrik. Jika Quick Charge 2.0 menawarkan empat pilihan pengisian pada tingkat tegangan di 5V, 9V, 12V dan 20V, Qualcomm Quick Charge 3.0 menyediakan fleksibilitas melalui peningkatan sebesar 200mV secara bertahap dimulai dari 3.6V hingga 20V. Ini memungkinkan smartphone untuk mendapatkan tingkat arus tegangan listrik yang sesuai sehingga transfer daya dan penurunan power lebih optimal.

Pada Quick Charge 3.0, Qualcomm membenamkan fitur INOV (Intelligent Negotiation for Optimum Voltage). INOV merupakan sebuah algoritma yang dapat mengetahui level tenaga yang di minta dari waktu ke waktu. Dengan begitu, transfer daya listrik dapat dioptimalkan.

Selain itu, algoritma ini dapat mengatur jumlah voltasenya secara dinamis. Peningkatannya yaitu 200 sesuai keadaan dari baterai dan charger. Dengan cara ini, pengisian daya menjadi lebih cepat dan rentang voltasenya bisa dari 3.6V hingga 20V tergantung keadaan baterai dan charger.

Quick Charge 3.0 akan mendukung pada perangkat-perangkat smartphone yang menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon terbaru, termasuk diantaranya Snapdragon 820, 620, 618, 617 dan 430. Quick Charge 3.0 memberikan fleksibilitas dengan kenaikan 200mV dari 3.6V ke 20V. Pastinya Qualcomm akan merilis prosesor lainnya yang akan mendukung teknologi ini.

 

 

Quick Charger 3.0 VS Quick Charger 2.0 VS Quick Charger 1.0

Mungkin cara terbaik untuk melihat ini adalah untuk membandingkan nilai pengisian antara masing-masing revisi Quick Charge Qualcomm. Berikut ini akan kami berikan tentang perbandingan teknologi Quick Charge mulai dari versi 1.0, 2.0, hingga 3.0 :

 

Quick Charge 3.0

Quick Charge 2.0

Quick Charge 1.0

Voltase

3.2v – 20v dynamic

5V / 9V/ 12V

5V

Daya maksimal

18W

18W

10W

Prosesor SoCs

Snapdragon 820, 620, 618, 617, 430

Snapdragon 200, 400, 410, 615, 800, 801, 805, 808, 810

Snapdragon 600

Di sini kita dapat melihat bahwa jumlah arus yang ditawarkan oleh Quick Charge tetap relatif konsisten, tetapi meningkatkan tegangan pengisian telah membantu pengisian ulang lebih cepat. Dengan QC3.0, kisaran tegangan akan memungkinkan untuk pengisian cepat dan efisiensi yang lebih baik.

 

Apakah kamu memiliki smartphone atau charger dengan teknologi ini? Apakah kamu sudah membandingkannya dengan pengisian daya biasa? Pastinya jauh lebih cepat dibandingkan dengan pengisian daya biasa. Bagikan pengalaman kamu dalam menggunakan teknologi ini di kotak komentar.

Sekian artikel Qualcomm Quick Charge – Pengisian Daya Lebih Cepat dari Pengisian Biasa! Semoga artikel ini bermanfaat.

Kamu dapat Like Facebook @diklikaja dan Follow Twitter @Diklikaja atau kunjungi website http://www.diklikaja.com untuk mendapatkan artikel terbaru seputar teknologi komputer seperti ini.

Tags: Qualcomm

Leave a Reply

* Name:
* E-mail: (Not Published)
   Website: (Site url withhttp://)
* Comment:
Type Code